Khasiat Bawang putih untuk menurunkan tekanan darah tinggi


Darah tinggi adalah salah satu penyebab terbesar kematian setiap tahun. Hal ini karena sebagian besar hubungannya terhadap penyakit kardiovaskular yang mengarah ke jantung. Oleh karena itu, darah tinggi harus segera mendapat perhatian yang serius. Karena jika tidak, panyakit ini bisa terus meningkat pada level yang membahayakan. Banyak obat yang diresepkan khusus untuk menangani hipertensi, namun penggunaan bahan alami dan perubahan diet akan sangat membantu dalam penanggulangan. Sebagian orang bahkan hanya memilih cara alami, hal ini karena banyak yang beranggapan bahwa cara alami lebih aman dan dapat memperpanjang usia.
Benarkah bawang putih dapat menurunkan tekanan darah tinggi?
Bahan alami yang sangat populer diseluruh dunia untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi adalah bawang putih. Mengapa banyak yang beranggapan demikian?, Disini Kami akan menjelaskan bahwa, kenapa bawang putih bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
Bawang putih sudah lama dianggap baik untuk membantu menyembuhkan penyakit hipertensi dan penyakit lainnya karena sifat-sifat yang dimilikinya. Sifat umum bawang putih adalah antibakteri, antivirus, dan antijamur alami. Dengan demikian, bawang putih  digunakan untuk pengobatan alergi, demam, herpes, hingga penyakit seperti arteriosclerosis, kolesterol tinggi dan masalah jantung.
Beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara bawang putih dan menurunkan tekanan darah. Dalam studi ini, efek bawang putih menunjukkan pengurangan angka tekanan darah atas (sistolik) sebanyak 5-8 mm Hg. Juga menunjukkan penurunan angka  tekanan darah bawah (diastolik), tetapi angka penurunan tersebut tidak cukup besar untuk dapat dibilang signifikan.
Beberapa zat yang terkandung dalam Bawang putih mungkin yang bertanggung jawab untuk ini penurunan tekanan darah ini, di antaranya adalah
  • Inhibitor ACE alami ( peptida gamma – glutamil dan senyawa flavonolic )
  • Magnesium
  •  fosfor
  • adenosine
  • allicin
  • sulfer
Komponen-komponen ini diyakini oleh para peneliti yang mempromosikan dilatasi arteri( pelebaran pembuluh darah), sehingga aliran darah menjadi lancar dan tekanan darah menjadi turun. Selain itu, sifat lain yang mendukung dari bawang putih adalah mengencerkan darah atau mencegah penggumpalan darah.
Berapa bawang putih yang dibutuhkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi?

Belum diketahui,  apakah bawang putih yang dimasak atau yang segar menyediakan tingkat efektifitas yang sama. Studi menunjukkan bahwa  10.000 mcg allicin dibutuhkan setiap hari untuk dapat menurunkan tekanan darah. Dengan demikian, untuk mendapatkan 10.000 mcg allicin adalah dengan mengkonsumsi 4 siung atau 4 gram bawang putih setiap hari.
Tips cara mengkonsumsi

Tips untuk mengkonsumsi bawang putih salah satunya adalah di kukus terlebih dahulu. Agar bau dan rasa khas yang tajam dari bawang putih itu sendiri menghilang sehingga lebih enak untuk di konsumsi.  
App Android
[ CLOSE KLIK 2X ]