Benarkah Semua Umat Islam Dijamin Pasti Masuk Surga? Ini Jawabannya

Seluruh umat Islam pasti masuk surga, hal ini lah yang memang dijanjikan oleh Allah SWT bagi orang-orang yang mengakui bahwa Allah SWT adalah satu-satunya dzat yang memeritah terhadap seluruh alam semesta dan memiliki kuasa penuh akan seluruh makhluk hidup di dalamnya. Tapi apa ini berarti menjadi Islam saja cukup menjadi tiket emas untuk langsung masuk surga? Apakah orang Islam yang berbuat jahat akan langsung masuk surga tanpa menemui balasannya? Lalu apakah yang terjadi dengan orang-orang baik yang tidak menganut ajaran Islam sama sekali?



Jaminan masuk surga untuk orang Islam memang banyak ditemui dari sabda-sabda Rasulullah SAW, seperti misalnya sebuah hadist yang diriwayatkan melalui Abu Hurairah. Hadist tersebut berbunyi bahwa Rasulullah mengatakan, setiap ummat atau pengikutnya akan masuk surga kecuali mereka yang menolak hal tersebut. Yang dimaksud menolak disini bukanlah

yang menolak secara lisan, tapi mereka yang menentang ajaran-ajaran kebaikan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Dari hadist ini, memang bisa dipastikan bahwa orang-orang Islam pasti akan dimasukkan ke surga oleh Allah SWT, satu-satunya dzat pencipta seluruh semesta.

Benar memang ada kabar gembira umat Islam dijamin pasti masuk surga, tapi hal ini tidak semerta-merta membebaskan ummat Allah SWT yang menganut kepercayaannya bebas melakukan kejahatan di muka bumi ini. Sebelum masuk ke surga, seorang muslim akan “dicuci” di neraka dan durasinya tidak diketahui, tapi dipercaya akan berbeda-beda tergantung dosa yang dimiliki orang tersebut. Hadist lain bahkan menyebutkan bahwa umat Islam yang ada di neraka baru akan bisa masuk ke surga jika ahli surga dan ahli neraka telah ada di tempat mereka masing-masing, yaitu setelah proses hisab seluruh makhluk di alam semesta ini selesai. Ada lagi hadist lainnya yang menceritakan bahwa menurut nabi Muhammad SAW, orang-orang yang pada hatinya yang paling dalam memiliki sedikit saja kebaikan maka akan dikeluarkan dari neraka dan dimasukkan dalam surga. Allah SWT juga bersumpah bahwa Ia akan mengeluarkan orang-orang yang mengucapkan kalimat syahadat dari neraka dan memasukkannya ke surga. Sumpah Allah ini juga diperkuat oleh omongan nabi Muhammad SAW yang menyaksikannya langsung, bahwa Allah SWT berjanji demi Izzah-Nya dan Jala-Nya akan mengeluarkan orang yang menyebut kalimat syahadat.

Janji Allah untuk menempatkan umat Islam di surga memang benar adanya, tapi ternyata dibutuhkan lebih dari sekedar hanya menjadi umat-Nya. Untuk benar-benar mendapatkan tiket emas masuk surga tanpa tersentuh api neraka sama sekali, seseorang harus secara baik dan benar beriman langsung kepada Allah SWT. Orang tersebut juga harus beramal shaleh dan selalu bertakwa kepada Allah SWT tanpa peduli tempat mereka berada, dan percaya bahwa Allah adalah sebaik-baiknya pelindung seseorang. Yang terakhir adalah, orang tersebut harus selalu taat dan tunduk kepada Allah dan menjalankan syariat yang diajarkan oleh nabi Muhammad SAW. Hanya dengan begitu mereka bisa menerima kabar gembira, umat Islam dijamin pasti masuk surga.

Sumber: Kumpulanmisteri.com


App Android
[ CLOSE KLIK 2X ]