6 Manfaat Membacakan Dongeng untuk Buah hati


Seringkali mungkin Anda mendengar bahwa membacakan dongeng bisa membuat si buah hati cepat tidur pulas. Tapi, banyaknya orang tua yang sibuk bekerja membuat para orangtua lupa akan kebiasaan ini. Padahal ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan membacakan dongeng sebelum tidur.
Untuk itu, berikut manfaat yang bisa didapatkan sang buah hati saat mendengarkan Anda membacakan dongeng untuknya, seperti yang dikutip dari metrotvnews.com

1. Membantu mengembangkan imajinasi anak
Membaca cerita sebelum tidur mengembangkan imajinasi anak Anda. Anak-anak harus memiliki imajinasi yang sehat karena mengajarkan mereka untuk berpikir cepat namun efektif. Anak Anda dapat menemukan solusi efisien untuk masalah di masa depan berkat imajinasi indah yang dimilikinya.
Kemampuan untuk memvisualisasikan karakter nyata, tempat dan keadaan membuat hidup semua orang lebih berwarna dan bahagia sehingga Anda pun harus memberikan anak Anda dengan keterampilan ini juga.

2. Meningkatkan bahasa mereka
Membaca juga meningkatkan bahasa anak. Dengan membacakan mereka dongeng, itu sama saja Anda mengajarinya. Sebab anak Anda pasti ingat sebagian kata-kata yang Anda ucapkan sehingga memperluas kosa katanya. Yang mana kemungkinan besar, saat beranjak dewasa, buah hati Anda akan menggunakan kata-kata yang Anda sebutkan dalam cerita tersebut. Selain itu, mendengarkan banyak cerita membantu anak-anak untuk mengekspresikan pendapat mereka dengan lebih baik lagi.

3. Momen tak terlupakan
Cerita sebelum tidur membuat momen-momen yang tak terlupakan. Sebagai orang tua, Anda mungkin ingin anak Anda untuk mengingat saat-saat ketika Anda membacanya beberapa cerita sebelum tidur saat ia dewasa kelak. Lagipula, ketika Anda melihat senyum si kecil dengan kepala mengantuk itu benar-benar kejadian yang tak ternilai harganya. Maka dari itu, jangan ragu untuk meluangkan beberapa menit membaca untuk membuat kenangan dengan si kecil.

4. Merangsang otak anak Anda
Coba bayangkan berapa banyak pertanyaan muncul di kepala anak ketika mereka mendengar cerita dari ibu atau ayahnya. Apa si x ini? Apa si y begitu? Mereka belum tahu banyak, tapi semakin Anda membaca, semakin banyak mereka bertanya-tanya. Hal ini membuat si kecil akan meminta lebih banyak jawaban kepada Anda, hasilnya anak Anda akan cerdas nantinya.


5. Menumbuhkan cinta membaca pada anak Anda
Berdongeng sebelum tidur sama saja dengan mendorong anak Anda untuk membaca lebih banyak buku. Ingat, buku adalah gudangnya ilmu. Menurut penelitian, anak-anak yang gemar membaca memiliki orang tua yang kerap membacakan cerita padanya sebelum tidur. Cobalah menginspirasi anak Anda bahwa membaca bisa membuat mereka jauh lebih sukses nantinya.

6. Lagu pengantar tidur yang benar
Jika Anda tidak bisa menyanyi karena alasan lain, Anda dapat membaca cerita sebelum tidur untuk membuat anak Anda tertidur lebih cepat. Ini tidak lebih buruk dari lagu pengantar tidur. Anda perlu menyiapkan banyak cerita cerita agar Anda dapat memilih cerita apapun yang Anda inginkan untuk mendidik anak Anda sejak dini. Hal ini tidak hanya menyenangkan bagi anak-anak tapi juga bisa mengembangkan pengucapan Anda akan diksi itu sendiri.

0 Response to "6 Manfaat Membacakan Dongeng untuk Buah hati"

Posting Komentar

App Android
[ CLOSE KLIK 2X ]